TIPS DAN KIAT DALAM MENULIS

BeautyPlus_20170424155838_save

Selamat siang sahabat De ‘n eL yang budiman. Pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan sejumlah tips mengenai dunia tulis Menulis. Karena tulis bukanlah sekedar menulis. Butuh seni agar karya menjadi terkesan lebih “hidup” dan dinamis. Ilmu tulis menulis adalah ilmu olah seni aksara. Entah dari mana alasan seseorang enggan menulis karena dibatasi sederet dogma atas pernyataan “bakat menulis” adalah anugerah talenta  sejak lahir.

Ilmu olah seni bisa diciptakan dari hasil kerja keras proses asah keterampilan setiap hari. Jadi bakat bukanlah menjadi acuan utama seseorang untuk menjadi penulis. Tiada bakat kalau tanpa latihan, Tak ada orang yang tiba-tiba  mahir  tanpa kerja keras.

Jika seni bermula dari bakat maka menulis bukan hanya untuk yang berbakat. Lupakan segala asumsi bahwa

 “seorang penulis harus punya “bakat menulis” lalu ganti menjadi ” seorang penulis harus punya “keterampilan menulis”. 

Jelas sekali bahwa bakat itu berbeda dengan keterampilan. Bicara tentang menulis berarti bicara tentang keterampilan. Bukankah keterampilan harus diasah. Maka mulailah.

👌”niat + aksi = hasil “.

Untuk menjadi seorang penulis  memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses yang cukup lama untuk menjadi mahir melalui latihan yang sangat intens. Maka usahakan setiap hari untuk tetap menulis meskipun singkat. Ingat pepatah lama kan? “Ala bisa karena biasa”. Nah, yakinlah sahabat De ‘n eL pun pasti bisa.😊

Baiklah, berikut ini akan saya sajikan dulu beberapa tips yang mungkin diperlukan Sahabat De ‘n eL dalam menulis yaitu:

👉 INSPIRASI

Sebagai referensi tambahan silahkan baca di https://wordpress.com/read/feeds/64769638/posts/1435107496

Memang susah-susah mudah dalam mendapatkan inspirasi. Bahkan banyak orang yang rela melakukan apapun demi mendapatkannya. Tapi tenang, ada beberapa cara sederhana untuk menemukan inspirasi yaitu:

🌼 TRip and adventure.

Dengan berpetualang segala cerita dan ide akan mulai mengalir, tentunya apalagi ketika mendapatkan beberapa rintangan ekstrem sebagai pengalaman, di jamin sejumlah inspirasi akan bisa di tangkap asalkan jeli memilih dan memilah hal- hal mana saja yang layak untuk dijadikan sebuah karya. Semakin ekstrem petualangan maka semakin seru pula buah inspirasinya.

🌼Merenung

Duduk santai di bawah rindang pohon dekat tepian sungai ketika senggang tetap menjadi salah satu cara sederhana dalam mencari inspirasi. Di hutan, pegunungan, di bawah gemercik air terjun, di sudut kamar rumah sakit, bahkan di balik kaca jendela kamar ketika memandang rintik hujan. Atau bahkan  hal tergila yang pernah saya lakukan malah mendapatkan inspirasi di toilet dan wc jongkok. Hahaha😅 tapi ide yang satu ini tidak akan saya rekomendasikan sebagai tips kepada sahabat De ‘n eL. Jadi lupakan saja tentang toilet. Jangan lupa siapkan sebuah note pad atau buku kecil untuk mencatat ide-ide yang terlintas karena Ide yang di biarkan tanpa di catat langsung akan mudah hilang disaat kita baru akan menuliskannya dan akibatnya tulisan pun menjadi sulit untuk dikembangkan.

🌼Membaca

Sejumlah inspirasi dapat kita temukan dari membaca karya orang lain. warning…. !! HANYA MEMBACA ya, bukan plagiat atau mengambil karya orang untuk diakui sebagai karya sendiri loh! Bisa dalam bentuk apa saja, baik itu buku, koran, majalah, novel, dan biografi. Kita bisa tentukan satu topik untuk dikembangkan ataupun bisa pula menggabungkan beberapa ide mereka menjadi sebuah  karya yang briliant.

👉 TOPIK

Setelah mendapatkan inspirasi mulailah menuliskan beberapa ide-ide pokok untuk dijadikan tema bahasan yang akan ditulis. Hal penting dalam menentukan topik adalah “whats hit” atau Apa yang sedang hit saat ini. Misalkan: saat ini sedang ramai perbincangan politik atas kemenangan paslon Anis-Sandi pada pilkada kemarin. Nah, tentunya banyak orang yang akan mencari-cari informasi seputar Anis-Sandi kan? tulislah topik tentang sejumlah profil Anis-Sandi dan beberapa informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan mereka.

Atau, sehubungan dengan cuaca ekstrem yang kerap berdampak pada bencana yang melanda sejumlah daerah, maka tulislah beberapa trik dan tips untuk penanggulangan bencana tersebut dalam sebuah artikel yang tentunya akan sangat membantu para pembaca dalam menjawab sebuah permasalahan yang mereka hadapi.

👉 PEMILIHAN DAN PENYUSUNAN KATA

Rumah  yang bersih akan lebih enak di pandang daripada rumah yang kotor. Begitupun kalimat, kalimat yang indah akan lebih menyentuh pembaca dalam memaknai sebuah tulisan. Bawalah pembaca larut dalam emosi yang dituang pada tulisan ketika membaca karya anda.

👉 JANGAN TERBURU-BURU

Pekerjaan apapun tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal ketika dikerjakan dengan terburu-buru. Sama dengan menulis, Menulis juga butuh ketelitian. Ada baiknya setelah menulis jangan buru-buru di share dan dipublikasikan. Bacalah kembali dan perhatikan  pengetikan huruf, spasi dan struktur kalimat. Banyaknya “typo” ketika mengetik akan membuat anda terlihat kurang profesional. Kegiatan ini biasa disebut sebagai proses editing. Jika menemukan beberapa hal yang dirasa kurang yakin kebenarannya sebaiknya konsultasi dan tanyakan terlebih dahulu kepada orang yang memiliki kapabilitas dan keahlian  pada bidang tersebut.

👉HASIL

Setelah menempuh semua proses mulai dari mencari inspirasi, menuangkan ide, menentukan topik, pemilihan kalimat dan editing maka karya tulis kini siap di publikasikan. Silahkan di upload ke blog pribadi, share ke acount facebook, twiter, watpad dan acount tumblr yang ada. Hasil berbanding lurus dengan usaha. Usaha maksimal tentu membuahkan hasil yang maksimal.

Satu hal yang utama yaitu mulailah menulis. Kita tak akan pernah bisa tanpa mulai mencoba. Ide akan mengalir seiring mengalirnya tinta pena.

🙌 Selamat mencoba….

Salam inspirasi……☺

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s