Inspirasi Tak Kunjung Tiba, Gimana Sih Memulaiya?

BeautyPlus_20170429121315_save.jpgBingung karena memiliki niat ingin menulis tapi terkendala pada minim inspirasi?? Jangan bingung, mulailah dengan menulis apa yang telah kita lakukan. Kita tahu bahwa setiap orang memiliki kegiatan yang berbeda-beda. Tulislah semuanya dalam satu artikel menarik dan kembangkan hal sederhana menjadi karya unik.
Tak ada keberhasilan tanpa memulainya dengan aksi kan? Kalau hanya sekedar dibayangkan lalu kapan melakukannya? Kehilangan ide dan minim inspirasi adalah hal yang lumrah bagi setiap penulis. Jangan tunda-tunda waktu demi menunggu inspirasi yang tak kunjung tiba. Oleh karena itu mulailah menulis dan disiplinlah menulis setiap hari. Untuk melatih kepercayaan diri maka carilah wadah untuk menampung karya-karya di sebuah media sosial dan situs sederhana terlebih dahulu. Atau untuk berlatih dalam menulis buatlah sebuah blog atau buku diary secara rutin. Ingat, jangan menuliskan sesuatu yang terlalu panjang karena kita sebagai pemula akan merasa kesulitan untuk tetap fokus pada topik. Oleh karena itu, tips menulis untuk pemula selanjutnya adalah menulis dengan sungguh-sungguh. Jangan malas dan menunda-nunda kegiatan menulis. Bagaimana menyajikan tulisannya?
Tak perlu khawatir tentang bagaimana menyajikan setiap tulisan. Jika kita melakukan hal-hal yang saya sebutkan di atas selama kurang lebih 3 bulan insyaAllah kita akan menemukan gaya menulis sendiri. jangan mengikuti gaya bahasa orang lain. Sebab kita akan lebih mudah ber-ekspresi dan bereksplorasi pada aksara yang kita rangkai dengan style sendiri, tunjukkan bahwa kita adalah pribadi unik dan berbeda sehingga kitapun layak untuk mendapatkan kepercayaan bagi pembaca. Apalah arti tulisan yang bagus jika tercipta dari kepalsuan yang di sajikan demi meraih popularitas.

Perhatikan struktur kata dan kalimat. kata-kata yang sederhana dan tidak berbelit-belit akan lebih mudah dimengerti dan dirangkai. gunakan bahasa yang komunikatif. Buatlah tulisan seakan-akan bahwa kita sedang berhadapan dengan pembaca. Tunjukan integritas dengan menulis secara jujur. Hal yang sangat dihindari adalah mengarang berita palsu dengan tujuan agar tulisannya booming dan terkesan “WoW”.
Disuatu waktu, mungkin kita terlalu bersemangat dalam menulis sehingga tanpa disadari pembahasan pun keluar dari topik yang seharusnya. Hal ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dan memang pantas untuk dimaklumi. Maka perlu diingat untuk tetap menulis sesuai Judul. Tulisan yang mengambang jauh dari topik akan membuat pembaca merasa tertipu dan kecewa dengan tulisan kita. Inilah pentingnya penguasaan materi karena informasi yang ditulis haruslah jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman, biasakan mencari informasi dulu dengan membaca sebelum menulis. Artikel saya sebelumnya pernah membahas masalah PENTINGNYA MEMBACA. Klik di  https://dianelababel.wordpress.com/2017/04/26/inspirasi/

Informasi dan pengetahuan bisa digunakan untuk membuat kalimat jenius yang disukai pembaca.

Lalu ketika menulis hindarilah mengedit sebelum tulisan selesai dibuat. Sebagian orang terkadang terlalu sulit menuangkan segala ide-ide hebat dipikiran mereka dalam bentuk tulisan karena mereka tidak tahu bagaimana caranya. Tak jarang ide berseliweran sangat cepat dan hilang sebelum sempat menuliskannya. Jika kita repot dengan urusan tulis edit tulis edit maka kita akan kehilangan sebagian besar waktu dan inspirasi. Maka dari itu menulislah sebagaimana kita berbicara agar lebih gampang tertuang. Buatlah seolah-olah kita berbicara dengan orang lain ketika menulis sehingga tulisan lebih santai dan enak dibaca tanpa melewatkan sebagian ide. Let it flow…..

Jadi, pe-de saja….tanamkan dalam pikiran bahwa siapa pun bisa menulis asal giat dalam berlatih karena menulis merupakan kemampuan yang membutuhkan kerja keras. Bukan sekedar bakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s