Blogging: Media Promosi Efektif Menghasilkan Omzet Ratusan Juta

Sebelum kita mulai perkenalkan dulu nama saya Mariodevan yang juga moderator di Diskusi Online Marketing (DOM), sudah pada kenal kan ya? . Jadi singkat saja perkenalannya. Hehehe.. Sesuai judul saya akan berbicara mengenai Dunia Blogging atau blogger atau Blog. Salah satu media online yang saat ini sedang naik daun dan menjadi alternative pemberitaan dan promosi. Kenapa disebut alternative?. Karena saat ini Blogger sudah disejajarkan dengan media mainstream lainnya seperti Kompas maupun Detik.com dan lain-lain.

Masyarakat saat ini sangat menyukai membaca berita maupun info lewat blogger, karena biasanya blogger dianggap sebagai suara konsumen biasa, netral dan tulisannya sangat-sangat cepat untuk tayang. Bahkan beberapa pabrikan besar saat ini mulai mensejajarkan blogger dengan media sebagai contoh pada industri otomotif. Baik Honda, Yamaha dan Suzuki punya divisi khusus yang menangani blogger!! keren kan ya? Hehehe.. Kalau dulu mungkin jika ada produk baru biasanya hanya mengundang media maupun konsumen untuk datang dan meliput. Kini blogger pun sering dilibatkan dan tidak pernah absen.

Sebagai contoh ini waktu diundang ke sentul oleh Yamaha untuk menghadiri acara launching dan test produk baru mereka, tiket dan akomodasi ditangung mereka.

Lalu apakah efektif sebenarnya promosi lewat blogging atau blogger?. Kalau dilihat secara logika sih tentu sangat efektif sehingga pabrikan mulai merangkul blogger sebagai media promosinya. Bukan cuma otomotif tapi hampir di setiap industri lain mulai ikut mencari blogger-blogger sesuai Niche mereka dan mengundang mereka atau sekedar memberikan produk mereka untuk di-review.

Setidaknya ada beberapa kelebihan berpromosi lewat blogger

  1. Mampu “menembak” target pasar yang pas! tidak perlu susah-susah lagi mencari target market karena dengan berpromosi di blogger yang dengan niche yang tepat maka promosi kita bisa tepat sasaran, karena biasanya informasi dari blogger sering sekali menjadi viral.
  2. Faktor biaya memasang Iklan di blog jauh lebih murah daripada pasang dimedia mainstream. Jadi bagi yang punya budget terbatas bisa melirik blogger nih, bahkan kadang-kadang bisa dapat promosi gratis kalau hubungannya sudah baik.
  3. Blog biasanya sangat ramah SEO, kalau kita cari informasi biasanya yang masuk page one para blogger.

Lalu bagaimana jika kita ingin berpromosi dengan blog?. Sebenarnya mudah saja kita bisa bikin blog sendiri atau pasang iklan di blogger yang sudah established. Sebagai contoh produk kita fashion, carinya ya blogger fashion. Atau kita jualan gadget, ya kita bisa bikin blog soal gadget, sharing-sharing soal review, tips-trik memilih gadget, setelah cukup banyak trafik bisa kita mulai jualan. Hal ini nggak harus berlaku untuk blog ya, bisa juga untuk social media lainnya, misal instagram, youtube, FB dan lain-lain. Intinya sekarang lebih banyak pilihan lagi bagi kita pebisnis untuk melakukan promosi yang tepat sasaran, efektif dan tentu dengan harga terjangkau. Dan bagi blogger, pemasukan nggak hanya lewat adsense saja, tapi juga bisa dengan membangun personal branding kita. Bisa dapat sponsor, bahkan bisa bikin film kayak Raditya Dika yang memulai kariernya dari blogging.

Oke mungkin sekian dulu ya sharingnya semoga bisa menjadi masukan menarik bagi kawan-kawan super yang sedang membangun bisnisnya, selain membuat website bisa juga dipikirkan agar websitenya memiliki fungsi komunikasi dua arah seperti blog.

Sesi Tanya Jawab:

  1. Sampai kapan blog masih punya peluang sebagai media dan potensi bisnis?. Karena kan bentuk media digital selalu berubah. Kita kan masih newbie2 klo terjun masih bisa meraih sisa- sisa remah rengginang potensi bisnis dari blog.

Jawab : Saya yakin blog itu masih panjang perjalanannya, budaya membaca dan menulis kita sudah lebih dari 2000 tahun dan masih akan ada terus. Hanya saja saat ini bloger mungkin dituntut lebih kreatif dengan memberikan berbagai macam content. Contoh gambar yang lebih menarik, gambar 360, gambar via drone dan sampai penggunaan video dalam tulisan.

  1. Dari mana dapat nya 100 juta lewat bloger dan berapa Dollar $ yang anda dapatkan dalam 6 bulan?

Jawab : Kesempatan jualan nih. Hehehe.. Bisa buka web-log ini http://www.trainersmk.net/  itu juga saya yang kerjakan. Sebuah mesin peraga untuk pelatihan SMK maupun universitas itu harganya lumayan. Jadi untuk dapetin omzet 100 juta sebulan itu mudah sekali dan kami hanya berpromosi lewat media online web-log ini saja SEO organik non Adwords. Soal berapa dolar yang saya dapatkan, kayaknya nggak ada karena saya nggak mainan Adsense. Ada tapi nggak fokus, jadi berapa dolarnya gak terlalu bisa dibanggain. Heheehe.., tapi saya bermain di kontrak iklan dan bisnis.

  1. Blogger favorit yg menjadi role model pemateri dalam dunia blogging siapa saja?. Mending blogger atau vlogger ?. Dan apa alasannya?. (Karena kalau dari income keduanya juga lumayan kan buat beli chiki) 😁

Jawab : Kalau saya sangat menyukai www.mindgenesis.wordpress.com, karena tulisannya soal dunia bisnis dan otomotif sangat mendalam. Saya juga favorit ke www.iwanbanaran.com, karena saat ini mas IWB lah blogger nomor satu otomotif di Indonesia, pernah jadi komentator motoGP lho, padahal duluan saya ngeblognya tapi saya nggak konsisten. Hehehe.. Soal mending mana blogger atau vlogger, saran saya sih ambil dua-duanya, beberapa blogger juga sekarang mulai masuk ke vlogger, dan saya juga berencana masuk ke sana, cuma masih terhadang niat, ngedit videonya males banget. Hahahaha..

  1. Sejak kapan mulai belajar dan menekuni dunia bloger?. Apa saja kesulitan blogger?

Jawab: Saya mulai dari 2009, kesulitannya banyak banget kayak kita berbisnis. Hehehe.. Apa lagi saat kita baru mulai ngeblog dan belum dilirik sponsor. Pertama tantangan terbesar adalah fokus, fokus updated tiap hari minimal 3 artikel, dan satu video tiap minggu, itu jadi tantangan saya. Yang kedua adalah lokasi, karena saya di Surabaya, jadi yang mau undang juga agak mikir biasanya event besar diadakan di Jakarta, mereka harus siapkan budget akomodasi yang lumayan dan baru 2 tahun terakhir ini mereka berani undang blogger dari luar Jakarta dan mulai merangkul blogger-blogger dan komunitas di daerah.

  1. Kalau bicara blog berarti bicara trafic ya dan iklan ada karena trafik?. Tambah tanya nya ,berapa perhari trafix nya sipa tahu temen-temen di sini bisa memanfaat kan iklan nya?

Jawab : Trafik memang penting tapi tidak segalanya sih, tergantung target marketnya, kalau otomotif, blogger paling tinggi itu punya trafik visitor sekitar 20ribuan, saya sendiri diangka 5000an saja. Diblogger travel lebih enak lagi trafik rata-rata cuma 1000an tapi iklan sponsornya ngeri tarifnya. Yang penting juga punya link ke pabrikan-pabrikan kemampuan kita bernegosiasi dan marketingkan diri, bahasa lainnya personal branding, Jadi banyak yang punya trafik diatas saya tapi yang diundang terus dan dapat iklan justru saya. Hehehe

Sumber Artikel dari Grup Telegram Diskusi Online Marketing Oleh Adez Aulia

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s