Kontent Duplikat Dan Adsense

https://youtu.be/mQZY7EmjbMA

that you should not stress about it, in the worse non-spammy case, Google may just ignore the duplicate content”

Menurut Matt Cutts, menduplikasi suatu konten itu tak masalah asalkan konten duplikat tersebut tidak bersifat SPAM.

Matt Cutts sendiri adalah seorang programer dan mantan pegawai NSA ( National Security Agency) yang bergabung dengan Google pada tahun 2001. Matt mengepalai tim penanggulangan spam Google sekaligus  juga seorang blogger terkemuka. Artikel-artikelnya pun menjadi rujukan para praktisi SEO di seluruh dunia. Bisa dikatakan bahwa Matt adalah seorang Google web master. Namun beberapa bulan lalu Matt cutt telah meninggalkan Google dan beralih ke US Digital Service.

Lalu kontent duplikat itu sendiri apa?

Menurut penulis, konten duplikat adalah konten yang berisi artikel pada sebuah situs web yang di buat berdasarkan aksi copy paste dari situs lain secara keseluruhan.
Maksudnya?

  • Isinya tidak original,
  • Jumlah artikel duplikatnya keseluruhan,
  •  Tidak memberi tambahan opini  sendiri,
  • Tidak mencantumkan sumber,
  • Hanya mengejar densitas kata kunci saja.

Perlu digaris bawahi bahwa konten duplikat bisa dianggap SPAM oleh mesin pencari Google, dan ini sangat berbahaya terutama bagi situs yang juga bermain Adsense.

Mengapa? Karena pada dasarnya Adsense hanya ingin memakai publisher yang memberi sesuatu yang unik kepada para pembacanya, dengan harapan akan meningkatkan probabilita pengunjung web dari publisher tersebut untuk meng-klik iklan dan membeli atau memakai layanan yang disediakan oleh pengiklan.

Alasan lainnya adalah karena mengambil konten orang lain secara utuh tanpa izin dan tanpa menyebutkan sumber adalah sebuah tindak pelanggaran terhadap DMCA  (Digital Millenium Copyright Act) alias Undang-undang terkait Hak Cipta untuk produk digital, dimana artikel web merupakan salah satu bagiannya yang dilindungi, sehingga Google tidak akan mendukung tindak plagiat tersebut.

Lalu, kesimpulannya, bagaimana caranya agar konten duplikat yang kita buat menjadi aman dan lolos dimata Google dan juga bagi Adsense? 

Kita bisa lakukan beberapa trik berikut ini:

  • Konten berupa terjemahan.
  • Tidak menduplikasi keseluruhan. 
  • Konten untuk situs Mobile. 
  • Duplikat keseluruhan boleh, tapi bukan SPAM. 

Jadi andai kita ingin punya situs semacam situs kurasi atau situs agregasi konten sebenarnya tidak masalah sih, asal usahakan untuk memperbanyak konten-konten originalnya sehingga tidak akan terkena label SPAM oleh Google.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s